Langsung ke konten utama

BAB 1 JADI PENGUSAHA MANDIRI (JAPRI)

JADI PENGUSAHA MANDIRI (JAPRI)


Apa itu program JAPRI:
Program JAPRI terdiri dari beberapa komponen kegiatan termasuk pelatihan soft skills berisi pembekalan motivasi, bagaimana mencari ide bisnis, meningkatkan kepercayaan diri untuk mulai berusaha, diikuti oleh pelatihan hard skills berisi teknis keterampilan wirausaha dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pembinaan, dan pendampingan kewirausahaan.

Tujuan program JAPRI:
1.   Menggerakkan minat berwirausaha dan kemauan untuk berani mengambil   risiko di kalangan anak muda kurang mampu dengan dukungan dari keluarga dan masyarakat.
2.   Memfasilitasi anak muda kurang mampu yang memiliki potensi berwirausaha dengan pengetahuan dan keterampilan untuk memulai dan mengembangkan usaha sesuai dengan kebutuhan pasar.
3.    Memberikan dukungan yang berkelanjutan bagi peserta program, termasuk pembinaan, pendampingan, modal awal usaha, serta hubungan dengan komunitas usaha.

AYO JADI PENGUSAHA MANDIRI!

KARAKTER PENGUSAHA SUKSES
1.     Buat passion jadi usaha
2.     Jalankan dengan serius
3.     Rencanakan semuanya dengan matang
4.     Mengelola uang dengan bijak
5.     Fokus terhadap konsumen dan pelanggan
6.     Ciptakan keunggulan kompetitif

Sumber : USAIDJAPRIMODUL2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bauran Pemasaran (PLACE atau LOKASI)

 BAURAN PEMASARAN (PLACE) Salah satu unsur dari marketing mix yaitu place. Place atau lokasi adalah faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu bisnis. Dalam menentukan lokasi usaha pilihlan lokasi yang strategis, maksudnya strategis adalah berada dalam keramaian, dekat dengan bahan baku jika perusahaan barang. Sehingga memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi tentang bisnis yang anda pilih dan bisa menarik konsumen.  Menurut Philip Kotler distribusi adalah : “ The various the company undertakes to make the product accessible and available to target customer ”. Berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran. Sedangkan Boom dan Bitner (dalam Dias & Shah, 2009:318), mereka menyebutkan bahwa lokasi pemasaran, terdapat beberapa pemain yang terlibat di dalamnya, yaitu  marketing intermediary ,  channel of distribution , agen atau  broker ,  wholesaler ...