GALI IDE USAHA MU
- ANALISA PROS-CONS (ASPEK POSITIF DAN ASPEK NEGATIF)
Analisa Pros-Cons adalah suatu cara
untuk menilai apakah ide usaha yang diusulkan layak untuk dijalankan atau
tidak. Caranya dengan membandingkan aspek positf dan aspek negatif dari
masing-masing ide yang lebih dari satu ide usaha, misalnya dua, tiga atau
lebih.
Dalam analisa ini, pengusaha harus
dapat mencari, mengumpulkan, dan mencatat semua informasi yang terkait dengan
usulan ide usaha dan kemudian mengelompokkan apakah informasi tersebut termasuk
aspek positif (Pros) atau termasuk aspek negatif (Cons). Beberapa informasi
yang harus didata adalah:
1.
Keahlian yang dimiliki pengusaha untuk menjalankan
usaha tersebut
2.
Ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan
3.
Kemudahan mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan
4.
Kemampuan dalam memproduksi dalam satu periode
5.
Keberadaan dan jumlah pesaing yang mempunyai produk
sejenis
Jika memiliki dua ide usaha, maka
harus dibuat dua tabel. Setelah mengetahui apa saja aspek positif dan aspek
negatif yang dimiliki, keseluruhan poin-poin tersebut di total. Tabel usaha
yang memiliki total aspek positif lebih banyak dari total aspek negaitf yang
dinilai paling layak untuk dijalankan. Contoh si A memiliki dua ide usaha yaitu
usaha SERUNDENG dan usaha TOMATO SWEET CANDY. Lalu membuat tabel aspek positif (pros)
dan aspek negatif (cons) dan hitung hasil dari pros dan consnya, didapatkan
hasil sebagai berikut:
Usaha Serundeng
Total aspek pros : 3
Total aspek cons : 3
Jumlah : 3-3 = 0
Usaha Tomato Sweet Candy
Total aspek pros : 5
Total aspek cons : 2
Jumlah : 5-2 = 3
Jika dilihat pada hasil diatas, maka
didapati usaha tomato sweet candy memiliki hasil aspek positif yang lebih
tinggi dari pada usaha serundeng. Maka ide usaha tomato sweet candy lebih layak untuk
dijalankan.
- ANALISA SWOT
Analisa SWOT adalah suatu cara yang
digunakan untuk menilai dan mengukur kekuatan (Strengths) dan kelemahan
(Weaknesses) yang dimiliki oleh pengusaha, serta melihat peluang
(Opportunities) dan mencari informasi adanya ancaman/gangguan (Threats) dari
usulan produk dan pasar. Informasi yang digunakan dalam analisa SWOT adalah
informasi yang berasal dari usulan ide usaha yang telah lolos analisa
pros-cons. Kondisi Internal Pengusaha (Dalam diri pengusaha) : Strengths
(Kekuatan) dan Weaknesses (Kelemahan), Kondisi Eksternal Pengusaha (Diluar diri
pengusaha) : Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman).
Dengan analisa SWOT maka pengusaha
dapat menilai dengan lebih dalam mengenai:
1.
Apa saja kekuatan (strength) yang dimiliki sehingga
mampu mengambil keuntungan atau manfaat dari peluang (opportunity) yang ada;
2.
Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weakness) yang
dapat menghalangi pengusaha dalam menjalankan usahanya;
3.
Bagaimana kekuatan (strength) tersebut mampu
menghadapi ancaman/gangguan (threat) yang ada;
4.
Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weakness) yang
dapat membuat ancaman/ gangguan (threat) menjadi nyata.
- ANALISA PESAING
Penjual akan berusaha mendapatkan
konsumen sebanyak-banyaknya, berusaha agar produknya lah yang dipilih dan
diminati oleh konsumen, dengan begitu usahanya akan semakin laris dan maju.
Kondisi seperti itulah yang dinamakan persaingan. Pengusaha yang bisa
memenangkan persaingan, usahanya akan maju dan bertahan. Maka dari itu, sangat
penting bagi seorang pengusaha untuk mengetahui siapa pesaingnya agar dapat
membuat sesuatu yang “berbeda” dan mendapatkan tempat di hati konsumen.
Nama Pesaing : Pesaing 1, Pesaing 2, Pesaing 3, dst.
Kelebihan : Rasa enak, Kemasan bagus, Produk dapat diantar, Pelayanan cepat.
Kekurangan : Harga paling mahal diantara yang lain, Penjual kurang
ramah, Tidak menerima hutang.
Cara Mengatasi Persaingan : Rasa produk harus enak, kemasan produk harus bagus, Harga
arus sedikit lebih murah , Pelayanan harus cepat dan ramah.
Sumber : Usaidjaprimodul2017
Komentar
Posting Komentar