Langsung ke konten utama

BAB 3 KENALI USAHAKU


BAB 3
KENALI USAHAKU

SIAPA KONSUMEN PRODUK KU?

Kebutuhan setiap konsumen berbeda-beda, oleh karena itu seorang pengusaha tidak akan mungkin bisa menjual semua barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. Penyebabkan perbedaan kebutuhan tersebut adalah jenis kelamin, usia, tingkat pendapatan, lokasi dan tempat tinggal bisa. Dikarenakan begitu banyak pilihan produk barang atau jasa yang ditawarkan, maka seorang penjual harus memilih calon konsumen yang akan dipenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, penting bagi pengusaha untuk memahami kriteria calon konsumen. Misal adalah kritera dari produk “Tomato Sweet Candy” kriteria tersebut meliputi jenis kelamin, usia, tingkat pendapatan, tempat tinggal, dan lainnya. Tabel dibawah ini akan membantu untuk menentukan konsumen mana yang akan dipilih.

Kriteria
Kelompok
Yang dipilih
Alasan memilih kelompok tersebut
Jenis
Kelamin
a. Laki - laki
b. Perempuan
Laki-laki dan perempuan
Karena tidak ada perbedaan dalam mengkonsumsi permen tomat
Usia
a. Bayi - Balita
b. Remaja
c. Dewasa
d. Manula
Remaja dan manula
Karena remaja dan dewasa suka permen
Tingkat Pendapatan
a. Atas
b. Menengah
c. Bawah
Atas sampai bawah
Karena harga permen terjangkau 
Tempat Tinggal
a.Perkotaan
b. Pedesaan
Perkotaan
Karena kebutuhan akan cemilan di perkotaan lebih besar daripada di pedesaan
Kriteria lain
....................




KEUNGGULAN BERSAING

Suatu usaha dikatakan memiliki keunggulan bersaing jika usaha tersebut mempunyai sesuatu yang berbeda dari yang dimiliki oleh pesaing dan melakukan sesuatu lebih baik dari pesaing. Ada dua cara untuk menciptakan keunggulan bersaing, yaitu:
Ø Biaya produksi yang lebih murah
Dengan produksin yang murah pengusaha dapat menjual produk dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pesaing, namun tetap memiliki kualitas produksi yang sama bahkan bisa lebih baik. Selain itu, dengan biaya produksi yang murah, pengusaha juga bisa
mendapatkan keuntungan yang lebih besar, menciptakan proses produksi yang mudah, mencari supplier (pemasok) bahan baku yang murah namun tetap sesuai dengan standard, membeli bahan baku dalam jumlah yang banyak (grosir), sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari pada harga eceran.
Ø Menciptakan perbedaan dengan produk pesaing
Dengan menciptakan perbedaan unik yang belum dimiliki oleh pesaing akan membuat konsumen senang dan ingat dengan produk kita dan ingin terus melakukan pembelian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bauran Pemasaran (PLACE atau LOKASI)

 BAURAN PEMASARAN (PLACE) Salah satu unsur dari marketing mix yaitu place. Place atau lokasi adalah faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu bisnis. Dalam menentukan lokasi usaha pilihlan lokasi yang strategis, maksudnya strategis adalah berada dalam keramaian, dekat dengan bahan baku jika perusahaan barang. Sehingga memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi tentang bisnis yang anda pilih dan bisa menarik konsumen.  Menurut Philip Kotler distribusi adalah : “ The various the company undertakes to make the product accessible and available to target customer ”. Berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran. Sedangkan Boom dan Bitner (dalam Dias & Shah, 2009:318), mereka menyebutkan bahwa lokasi pemasaran, terdapat beberapa pemain yang terlibat di dalamnya, yaitu  marketing intermediary ,  channel of distribution , agen atau  broker ,  wholesaler ...