Langsung ke konten utama

BAB 7 RANCANG USAHAMU

BAB 7 RANCANG USAHA MU

MEMBUAT RENCANA USAHA (BUSINESS PLAN)
          A.   Informasi Dasar
Nama usaha
Jenis usaha
Deskripsi singkat usaha
Contoh :
Nama Usaha : “Tomato Sweet Candy”
Jenis Usaha : Usaha Camilan
Deskripsi singkat Usaha : Kami menjual produk camilan sejenis permen yang bernama “Tomato Sweet Candy”
Camilan ini memanfaatkan sumberdaya dari bahan baku yang tersedia di pasaran yang begitu melimpah. Seperti tomat, Gula Pasir, Air kapur, Garam, Air.

B. Produk Usaha
Bagian ini berisi penjelasan mengenai produk usaha yang akan dijual yaitu: a) Produk (barang/jasa) yang akan ditawarkan kepada konsumen
b) Keunggulan/keunikan masing-masing produk
c) Perbandingan produk yang ditawarkan dengan produk sejenis yang dijual      oleh perusahaan lain
d) Jumlah produksi dari produk yang akan ditawarkan
e) Kemana saja produk-produk tersebut akan dijual (distribusi)

   C. Kegiatan Utama (Key Activities)
Bagian ini berisi penjelasan mengenai kegiatan-kegiatan utama apa saja akan dilakukan dalam usaha-mu, serta siapa yang akan melakukan kegiatan tersebut.



No
Kegiatan Utama
Pelaksana Tugas
1.
Membeli Bahan Baku
Merry, Rina
2.
Menyiapkan Peralatan
Achmad
3.
Menyiapkan Bahan
Merry, Rina dan Achmad
4.
Proses Memasak
Merry, Rina
5.
Pengeringan
Ahmad
6.
Pengemasan
Ahmad, Rina
7.
Pemasaran
Merry, Rina dan Achmad

D. Sumber Daya Utama (Key Resource)
Bagian ini berisi penjelasan mengenai sumber daya apa saja yang dibutuhkan dalam keseluruhan proses usaha. Sumber daya yang dimaksud di sini berupa alat, bahan, maupun tenaga kerja yang dilibatkan dalam keseluruhan proses usaha.

Bahan
Alat
Tomat
Wajan
Gula Pasir
Baskom
Air kapur
Sendok Penggorengan
Garam
Tabung LPG
Pisau
Sendok Makan
Tampah


E. Target Konsumen
Bagian ini berisi penjelasan mengenai siapa saja calon konsumen yang akan menjadi target pemasaran usaha Anda.

No
Spesifik Konsumen
Kelompok Konsumen
1.
UTM
Seluruh Mahasiswa UTM
2.
Graha Trunojoyo
Anak Kost
3.
Telang
      Anak Kost
      Warga
      Anak-anak

F. Strategi Pemasaran
Bagian ini berisi penjelasan mengenai cara memasarkan produk agar dapat diketahui oleh konsumen, serta mampu manarik hati konsumen untuk membeli.

Produk
Harga Jual
Target Pemasaran
Promosi
Tomato Sweet Candy
Rp.8000
      Mahasiswa UTM
      Warga Sekitar Telang
      Estetika
      (Instagrameble)

G. Rencana Keuangan
Bagian ini berisi penjelasan mengenai item-item atau hal-hal apa saja yang akan dikeluarkan untuk keberlangsungan usaha, beserta perkiraan biaya yang akan dikeluarkan. Komponen ini meliputi bagian produksi, pemasaran, operasional, distribusi, dan semua proses usaha. Tidak usah diisi jika tidak ada dalam usaha yang Anda jalankan.

No
Item
Biaya
1
Biaya Peralatan dan Biaya lain untuk memulai
Rp.588.000
2
Biaya Operasional
Rp.193.000
3
Biaya Produksi
Rp.49.000
4
Biaya Pemasaran
Rp.98.000
TOTAL
Rp.928.000

Setelah membuat detail biaya diatas, selanjutnya dapat dibuat perhitungan biaya modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha.  Hal ini untuk mengetahui berapa banyak modal yang dibutuhkan, serta dari mana saja modal tersebut diperoleh. 

Kebutuhan Modal (Sesuai dengan total perencanaan keuangan)
Rp….
(I)
Diperoleh dari :
-      Bantuan dana program JAPRI
-      Modal pribadi
-      ….
Rp.100.000
TOTAL
Rp.100.000

Sumber : Usaidjaprimodul2017




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bauran Pemasaran (PLACE atau LOKASI)

 BAURAN PEMASARAN (PLACE) Salah satu unsur dari marketing mix yaitu place. Place atau lokasi adalah faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu bisnis. Dalam menentukan lokasi usaha pilihlan lokasi yang strategis, maksudnya strategis adalah berada dalam keramaian, dekat dengan bahan baku jika perusahaan barang. Sehingga memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi tentang bisnis yang anda pilih dan bisa menarik konsumen.  Menurut Philip Kotler distribusi adalah : “ The various the company undertakes to make the product accessible and available to target customer ”. Berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran. Sedangkan Boom dan Bitner (dalam Dias & Shah, 2009:318), mereka menyebutkan bahwa lokasi pemasaran, terdapat beberapa pemain yang terlibat di dalamnya, yaitu  marketing intermediary ,  channel of distribution , agen atau  broker ,  wholesaler ...