Langsung ke konten utama

BAURAN PEMASARAN (PROMOTION atau PROMOSI) )

BAURAN PEMASARAN (PROMOTION) 

Promosi atau Promotion merupakan salah satu elemen dari Bauran Pemasaran (Marketing Mix) yaitu Produk, Harga, Tempat dan Promosi. Promosi ini pada umumnya dapat berbentuk iklan, siaran pers, pemberian diskon, perlombaaan, sponsor ataupun pemberian bonus tambahan dan lain-lainnya. Tujuan utama promosi adalah memberikan informasi (Information), mengingatkan (reminder) dan  mempengaruhi (persuasive) calon pembeli atau pelanggan (konsumen) agar dapat meningkatkan penjualan produk dan layanan perusahaan yang melakukan promosi tersebut.

Promosi hendaknya mencakup siapa, apa, kapan dan 

dimana penentuan usaha dapat memenuhi semua keinginan orang dan tidak semua perusahaan memiliki dana tak terbatas untuk keperluan promosi, maka itu promosi harus diarahkan ke pasar sasaran. Promosi dapat meliputi nama perusahaan, logo teknik personal selling, promosi penjualan istimewa, hubungan masyarakat dan publisitasnya. Perlu diperhatikan, sebaiknya perusahaan berhubungan dengan media sebelum usaha didirikan.

Adapun alat promosi penjualan konsumen utama 

diantaranya sebagai berikut:

a. Sampel

b. Kupon

c. Penawaran pengembalian dana tunai (rabat)

d. Kemasan harga (kesepakatn pengurangan harga)

e. Premi (hadiah)

f. Program frekuensi

g. Hadiah (kontes, undian, permainan)

h. Penghargaan patronage

i. Percobaan gratis

j. Garansi produk

k. Promosi terikat

l. Promosi silang

m. Tampilan dan demonstrasi titik pembelian (p-o-p). 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bauran Pemasaran (PLACE atau LOKASI)

 BAURAN PEMASARAN (PLACE) Salah satu unsur dari marketing mix yaitu place. Place atau lokasi adalah faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu bisnis. Dalam menentukan lokasi usaha pilihlan lokasi yang strategis, maksudnya strategis adalah berada dalam keramaian, dekat dengan bahan baku jika perusahaan barang. Sehingga memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi tentang bisnis yang anda pilih dan bisa menarik konsumen.  Menurut Philip Kotler distribusi adalah : “ The various the company undertakes to make the product accessible and available to target customer ”. Berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran. Sedangkan Boom dan Bitner (dalam Dias & Shah, 2009:318), mereka menyebutkan bahwa lokasi pemasaran, terdapat beberapa pemain yang terlibat di dalamnya, yaitu  marketing intermediary ,  channel of distribution , agen atau  broker ,  wholesaler ...