BAURAN PEMASARAN (PROMOTION)
Promosi atau Promotion merupakan salah satu elemen dari Bauran Pemasaran (Marketing Mix) yaitu Produk, Harga, Tempat dan Promosi. Promosi ini pada umumnya dapat berbentuk iklan, siaran pers, pemberian diskon, perlombaaan, sponsor ataupun pemberian bonus tambahan dan lain-lainnya. Tujuan utama promosi adalah memberikan informasi (Information), mengingatkan (reminder) dan mempengaruhi (persuasive) calon pembeli atau pelanggan (konsumen) agar dapat meningkatkan penjualan produk dan layanan perusahaan yang melakukan promosi tersebut.
Promosi hendaknya mencakup siapa, apa, kapan dan
dimana penentuan usaha dapat memenuhi semua keinginan orang dan tidak semua perusahaan memiliki dana tak terbatas untuk keperluan promosi, maka itu promosi harus diarahkan ke pasar sasaran. Promosi dapat meliputi nama perusahaan, logo teknik personal selling, promosi penjualan istimewa, hubungan masyarakat dan publisitasnya. Perlu diperhatikan, sebaiknya perusahaan berhubungan dengan media sebelum usaha didirikan.
Adapun alat promosi penjualan konsumen utama
diantaranya sebagai berikut:
a. Sampel
b. Kupon
c. Penawaran pengembalian dana tunai (rabat)
d. Kemasan harga (kesepakatn pengurangan harga)
e. Premi (hadiah)
f. Program frekuensi
g. Hadiah (kontes, undian, permainan)
h. Penghargaan patronage
i. Percobaan gratis
j. Garansi produk
k. Promosi terikat
l. Promosi silang
m. Tampilan dan demonstrasi titik pembelian (p-o-p).
Komentar
Posting Komentar