Langsung ke konten utama

UJIAN AKHIR SEMESTER MANAJEMEN PEMASARAN

 Nama : Maiza Meryatun

NIM : 180321100042

Kelas : Manajemen Pemasaran B

1. Bagaimana Segmentasi, targeting dan positioning Produk Beras Merah Organik tsb

Dalam menjalankan perusahaan yang memproduksi Beras Merah Organik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemasaran yaitu menentukan STP (Segmenting, Targetin dan Positioning) :

Segmenting adalah proses membagi pasar kedalam beberapa kelompok pelanggan supaya produk yang kita jual tepat sasaran. Jadi dalam pemasaran beras merah ini saya membagi beberapa kelompok diantaranya  usia, pendapatan, gaya hidup, pengetahuan.

Targeting adalah proses memutuskan untuk memilih dari kelompok-kelompok segmen produk anda untuk dijadian target market atau yang diprioritaskan. Dilihat  dari berbagai kelompok segmen saya memprioritaskan pendapatan dan usia karena produk yang saya jual memiliki kualitas yang baik. Dimana untuk segmen usia tidak ada batasan karena beras merah rendah karbohidrat yang sangat di rekomendasikan untuk bayi hingga kalangan usia lanjut. Dan untuk segmen pendapatan dari kelas menengah ke atas karena untuk produk kami memang benar-benar terjamin kualitasnya karena langsung diperoleh dari petaninya.

Positioning adalah bertujuan untuk mempengaruhi bagaimana target konsumen memandang sebuah barang atau jasa dibandingkan dengan milik pesaing. Positioning dari produk kami adalah dilihat dari segi harga lebih murah dibandingkan pesaing yang menjual produk beras merah dengan target konsumen sama yaitu untuk saingan kelas menengah ke atas.

2. Bagaimana Bauran Pemasaran dari produk Beras Merah Organik tersebut agar tercapai target omzet. 

Menurut Kotler (2000:18) Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran pada perusahaan yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Bauran pemasaran adalah variabel terkendali yang dapat mempengaruhi konsumen dari segmen pasar tertentu yang dituju perusahaan.

Bauran pemasaran merupakan suatu komponen yang mampu memberikan kepuasan kepada konsumen. Bauran pemasaran atau disebut marketing mix terdiri dari 4P yaitu product, price, place, dan promotion. a. Produk yang kami jual adalah beras merah dengan kuaitas terbaik. 

b. Harga yang di tetapkan kami yaitu lebih murah dibandingkan pesaing dengan target konsumen yang sama yang harganya Rp. 20.000.

c. Tempat yang digunakan dalam menjual beras merah ini melalui media online dengan beberapa platfoam yang digunakan yaitu shopee, instagram dan facebook.

d. Promosi yang kamu lakukan yaitu dengan memanfaatkan media yang kami gunakan yaitu selalu aktif di instagram, shopee dan facebook.

3. Buatlah contoh media promosi beras merah organic dalam bentuk gambar yang siap diupload di media social  


4. Apabila perusahaan bermaksud untuk melakukan impor beras merah organic, analisis bagaimana daya saing beras merah organic di pasar asean  

Jika perusahaan masih melakukan impor beras maka dalam proses daya saingnya pasti kurang maksimal dikarenakan volume impor beras merah juga pasti dibatasi. Dengan hal itu perlu adanya kebijakan dari suatu perusahaan dan perlu merubah strategi dalam bersaingnya supaya bisa memaksimalkan laba dan meminimlkan biaya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bauran Pemasaran (PLACE atau LOKASI)

 BAURAN PEMASARAN (PLACE) Salah satu unsur dari marketing mix yaitu place. Place atau lokasi adalah faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu bisnis. Dalam menentukan lokasi usaha pilihlan lokasi yang strategis, maksudnya strategis adalah berada dalam keramaian, dekat dengan bahan baku jika perusahaan barang. Sehingga memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi tentang bisnis yang anda pilih dan bisa menarik konsumen.  Menurut Philip Kotler distribusi adalah : “ The various the company undertakes to make the product accessible and available to target customer ”. Berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran. Sedangkan Boom dan Bitner (dalam Dias & Shah, 2009:318), mereka menyebutkan bahwa lokasi pemasaran, terdapat beberapa pemain yang terlibat di dalamnya, yaitu  marketing intermediary ,  channel of distribution , agen atau  broker ,  wholesaler ...